Keunggulaan keterampilan bisnis dalam kewirausahaan

0
Juni 09, 2017


           



a.    kewirausahaan
Secara sederhana arti wirausahaan (interpreneur) adalah orang yang berjiwa berani mengambilresiko untuk membuka usaha dalam berbagai kesempatan.  Perkembangan wirausahaan atau onterpreneur menjadi prinsip yang relatif sederhana. Manusia dikaruniai keinginan untuk menciptakan-mewujudkan yang belum pernah ada atau todak bekerja dengan baik sebelumnya. Hal itu kemudiandiikuti dengan kenyataan bahwa perusahaan dapatmemelihara inovasi yang menghasilkan laba denganmendorong para karyawan untuk berfikir seperti interpreneur, dan kemudian memberi kebebasan dan fleksibilitas untuk mewujudkaan proyek mereka tanpa terbenam dalam kelemahan birokrasi. Banyak perusahaan yang berhasil menciptakan memelihara usha interpreneur termasuk merck, 3M, johnson & johnson,dan wal-mart.
Siapakah wirausahaan itu ?
Seorang wirausahaan ( interpreneur) adalah seorang yang menciptakan bisnis dengan mengambil resiko dan ketidakpastian demi mencapai keuntungan dan pertumbuhan dengan cara menhgidentifikasi peluang yang signifikan dan menggabungkan sumber-sumber daya yang diperlukan sehingga sumber-sumber daya itu bisa dikapitalisasikan walaupun banyak orang yang menggagas ide bisnis hebat.
Bagaimana memulai usaha ?
Setiap langkah-langkah besar selalu dimulai dari langkah pertama. Begitulah confusius menegaskn tentang pentingnya sebuah langkah dalam mewujudkan ide sehingga dapat dikomersialisasikan. Inilah saatnya memulai sebuah bisnis memerlukan pemahaman yang mendalam apa itu bisnis. Pengerian bisnis meliputi beberapa aspek antara lain :
1.      Means “things to do ...”
2.      Means “transaction...”
3.       
b.    Bisnis
Bisnis merupakan semua aktivitas yang bertujuan mencari labadan perusahaan yang menghasilkan barang serta jasa yang dibutuhkan oleh sebuah sistem ekonomi. Sebagian ekonomi menghasilkn barang-barang yang berwujud , ddeperti mobil, sereal untuk dimakn dan chip komputer. Sebagian lain memproduksi jasa seerti asuransi, konser musik, penyewaan mobil dan juga penginapan.
Inti dari setiap usaha bisnis adalah pertukaraanantara pembeli dan penjual.seorang pembeli mengakui kebutuhan atas barang atau jasa tertentu dan menukarkan uang kepada penjual guna mendapatkan produk tersebutsi penjual berperan serta dalam proses pertukaran ini dengan harapan mendapatkan laba-komponen penting dlam mencapai sasaran yang dibutuhkan untuk menjaga perbaikan yang konstan atas standar-standar kehidupan.
LABA (profit) merupakan imbalan bagi para pelaku bisnis yang mengambil resiko dan memadukan manusia, tehnologi, dan informasi untukmenciptakan serta memasarkan  barang yang diingandan jasa yang yang memuaskan. Namun secaara lebih umum, laba berperan sebagai insenif bagi orang untuk mendirikan sebuah perusahaan, mengembangkannya, dan secara konsisten menghasilkan barang atau jasa yang kompetitif dan berkualitas tinggi.
Modal kemauan , kemampuan dan pengetahuan
Seorang yang berhasil menjadi wirausahaan dissebabkan memiliki kemauan, kemampuan dan pengetahuan. Ada kemauan , tetapi tidak memiliki kemampuan, maka akan sulit berkembang dan berhasil. Untuk menjadi kewirausahaan harus ada tekad yang kuat , dorongan yang tinggi untuk berusaha melakukannya. Itu adalah modal utama yng harus ada.
Kemauan dan tekad saja tidak cukup, tetapi juga harus dilengkapi dengan kemampuan (ketermpilan), sebab yang dihadapi adalah tantangan dan risiko. Bila modalnya hanya nekat  atau spekulasi tanpa memiliki keterampilan untuk memperhitungkan resiko , maka yang dihadapi adalah kegagalan. Oleh sebab itu ada beberapa keterampilan berwirausahaan yang harus dimiliki, diantaranya ialah sebagai  berikut.
1.      Keterampilan konseptual dalam mengatur strategi dan memperhitungkan resiko
2.      Keterampilan kreatif dalam menciptakan nilai tambah
3.      Keterampilan dalam memimpin dan mengelola
4.      Keterampilan berkomunikasi dan berinteraksi
5.      Keterampilan teknik usaha yang dilakukan
keterampilan untuk mengonsep adalah keterampilan merumuskan suatu yang belum ada suatu yang ada menjadi suatu yang baru dan berbeda.
Keterampilan kreatif adalah keterampian berfikir untuk menghasilkan ide-ide baru , khayalan-khayalan baru, dan gagasan baru yang menghasilkan nilai tambah
Keterampilan memimpin dan mengelola adalah keterampilan unutuk membuat perunahan-perubahan secara dinamis agar lebih unggul dan terdepan
Keterampilan berkomunikasi dan berinteraksi  adalah keterampilan personal untuk berkerja sama dan membuat jejaring (network) untu mengomunikasikan hasil berfikir kreatif
Keterampilan teknik usahan merupakan keterampilan khusus untuk menjalankan usaha, seperti keterampilan untuk mengombinasikan suber daya, seperti keterampilan untuk mengombinsikan produk baru , untuk memasarkan, menghitung resiko, untuk membukukan , dan lainnya.
Untukk berkembang dan sukses, modal kemauan dan kemampuan (skill) saja tidak cukup, tetapi harus dilengkapi dengan pengetahuan. Ada beberapa pengetahuan dasar yang harus dimiliki di antaranya meliputi hal-hal sebagai berikut :
1.      Pengetahuan mengenai usaha yang akan dimasuki atau dirintis
2.      Pengetahuan lingkungan usaha yang ada
3.      Pengetahuan tentang peran dan tanggung jawab
4.      Pengetahuan tentang manajemen dan organisasi bisnis
Tingkat kemauan, kemampuan, dan pengetahuan dikenal dengan istilah kompetensi, hal tersebut seperti yang telah dikemukakan oleh michael harris (2000:19)
Dengan demikian , ilmu pengetahuan saja tidalah cukup, tetapi juga harus disertai dengan keterampilan-keterampilan dan kualitas individual yang meliputi sikap, motivai, nilai-nilai pribadi serta tingkah laku yang diperlukan untuk melaksakan pekerjaan/kegiatan.
c.    Manajemen
Managemen hanya merupkan alat untuk mencapai tujuan yang diinginkan manajemen yang baik akan memudahkan terwujudnya tujuan perusahaan karyawan, dan masyarakat. Dengan manajemen day guna dan hasil guna unsur-unsur manajemen akan dapat ditingkatkan.
Adapun unsur-unsur manajemen itu terdiri dari man, money, methode, machines, materials, dan market disingkat 6 M
Manajemen berasal dari kata to manage yang artinya mengatur, timbul pertanyaan tentang apa yang di atur, apa tujuan diatur, mengapa harus diatur, siapa yang mengatur, bagaimana mengaturnya.
1.      Yang diatur adalah semua unsur manajemen yakni 6 M
2.      Tujuan diatur adalah agar 6 M lebih berdaya guna dan berhasil guna dalam mewujudkan tujuan
3.      Harus diatur supaya 6m iu bermanfaat optimal, terkoordinasi dan terintegrasi dengan baik dalam menunjang terwujudnya tujuan organisasi
4.      Yang mengatur  adalah pemimpin dengan kepemimpinannya yaitu pimpinan puncak, manajer madya, dan supervisi
5.      Mengaturnya adalah dengan melakukan kegiatan urut-urutan fungsi manajemen tersebut.
·        Manajemen waktu
Tidak seorang pun merasa cukup memiliki waktu. Masalah sebenarnya bukanlah terletak dalam waktu itu sendiri, tetapi pada cara penggunaannya. Isu sentral dalam mengelola waktu terletak pada apa yang kita kerjakan dan sejauh mana tingkat efesiensi pelaksanaan perkejaan kita.
Untuk dapat menjadi manajer watu yang efektif, anda harus mengetahui ke mana perginya waktu anda dan harus mampu untuk menyusun prioristas penggunaan waktu. Dalam kaitan ini, mempelajari dasar-dasar  keterampilan manajemen wktu merupakan soal penting bagi karir manajemen anda.
·        Manajemen pemasaran
Proses pertukaran memerlukan banyak tenaga dan keterampilan . manajemen pemasaran terjadi bila setidaknya satu pihak dalam pertukaran potensial memikirkan sasaran dan cara mendapatkan respon yang diharapkan dari pihak lain,
Manajemen pemasaran berlaku dalam kaitannya dengan semua paarnya misalnya dalam sebuah perusahan mobil manaajer personalia berhubungan dengan pasar tenaga kerja , manajer pembelian berhubungan dengan pasar bahan mentah dan manajer keuangan berhubungan dengan pasar uang. Mereka harus menetapkan tujuan dan mengembangkan strategi untuk mencapai hasil yang memuaskan dalam pasar-pasar tersebut

·        Manajer sumber daya manusia

About the author

Donec non enim in turpis pulvinar facilisis. Ut felis. Praesent dapibus, neque id cursus faucibus. Aenean fermentum, eget tincidunt.

0 komentar: